Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka ya bro !!!

Jumat, 24 Februari 2012

Krakatau adalah Gunung Besar yang Ada di INDONESIA

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com' title='RSS widgets'>RSS widgets</a></div>


Gunung Besar di Indonesia (KRAKATAU)



Krakatau (Krakatoa) Volcano terletak di Selat Sunda antara Sumatera dan Jawa Islands. Ini milik Provinsi Lampung. Krakatau Vulkanik Kompleks terdiri dari Rakata, Sertung, Panjang dan Anak Krakatau Islands. Anak Krakatau merupakan pusat saat ini aktif di gunung berapi dan muncul dari laut pada 1930.
Peringatan: mendaki Anak Krakatau saat ini sangat berbahaya dan tidak harus dicoba.



Krakatau menjadi terkenal setelah letusan paroksismal pada 27 Agustus 1883. Gunung berapi ini meletus lebih dari 18 km kubik abu hingga ketinggian 80 km, dan menghasilkan tsunami setinggi 30 m di sepanjang pantai barat Banten dan pantai selatan Lampung. Tsunami melanda 295 desa dan menewaskan lebih dari 36.000 orang.Letusan 2010Pada tanggal 29 Oktober 2010 ada 136 letusan di gunung berapi, dibandingkan dengan rata-rata baru-baru ini 10 per hari. Krakatau gunung api dibesarkan untuk tingkat 2 waspada.
Letusan 2009November 2009
Tingkat siaga di gunung berapi Krakatau di Indonesia telah diturunkan dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II). Ledakan gempa bumi diukur selama beberapa bulan terakhir adalah Agustus 4311 September 541, dan Oktober 34. Telah ada penurunan signifikan dalam aktivitas letusan di gunung berapi sejak Agustus 2009. Orang masih disarankan untuk menghindari mendarat di Anak Krakatau. Masyarakat di daerah pesisir Banten dan Lampung telah diperingatkan untuk tidak percaya runours bahwa letusan Anak Krakatau akan menyebabkan tsunami. Perahu nelayan yang diizinkan di sekitar Anak Krakatau.
Mei 2009
Letusan terus di Krakatau gunung berapi di Indonesia dari kawah di sisi BD dari kerucut pada Mei 2009. Sebuah abu vulkanik penasehat dari Darwin VAAC melaporkan abu untuk 10.000 melayang BL gunung berapi. On 6th Mei 2009 tingkat waspada di Krakatau bangkit dari Waspada (Level 2) Siaga (Level 3), dari tingkat maksimum 4. Sebuah periode baru dari letusan dimulai pada Krakatau on 19th Maret 2009, ketika 19 ledakan dicatat. Antara 1-25 April 2009 ada 4060 telah ledakan. Jumlah gempa bumi ledakan diukur adalah 30 April 229, 1 Mei 324, 2 Mei 318, 3 Mei 250, 4 Mei 403, 5 Mei 371, dan 6 Mei 132 (sampai tengah hari). Gempa vulkanik dangkal, dan gempa telah direkam. Pengamatan visual dari Rajabasa Kabupaten di Sumatera pada bulan April dilaporkan emisi abu 50-1.000 m di atas puncak. Dari 1-24 April suara menggelegar terdengar dari zaman Sumatera 174, 83 kali 25-29 April. Tidak ada suara terdengar dari Krakatau antara 30 April dan 6 Mei. Bahan pijar dan abu sedang dipancarkan hingga radius 500 m dari kawah. Aliran piroklastik dapat mencapai jarak 700 m dari kawah. Abu yang jatuh 5 km dari gunung berapi. Permintaan dari Direktorat Bahasa Indonesia Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana orang permintaan Geologi tinggal setidaknya 2 km dari gunung berapi. Masyarakat lokal masih diperbolehkan untuk ikan di luar radius 2 km bahaya zona. Masyarakat di pesisir Provinsi Banten dan Lampung diminta untuk tetap tenang dan tidak takut tsunami.
KRAKATAU, LANGKAH LETUSAN di INDONESIA


GAMBARAN

KrakatauPagi-pagi tanggal 20 Mei, 1883 kapten kapal perang Jerman Elizabeth melaporkan melihat sebuah ~ 11-km-tinggi awan abu dan debu naik di atas pulau tak berpenghuni Krakatau, sehingga mendokumentasikan letusan pertama dari pulau ini dalam bahasa Indonesia di setidaknya dua centures. Selama dua bulan berikutnya, awak pada kapal komersial dan pelancong di kapal memetakan akan mengalami kacamata yang sama, yang semuanya dikaitkan dengan suara ledakan dan awan berputar dari hitam ke abu pijar dan batu apung. Dari kejauhan, yang terbesar dari fanfares alam terkesan penduduk lokal di dataran pantai Jawa dan Sumatra, menciptakan lingkungan dekat-meriah. Sedikit yang mereka menyadari, bagaimanapun, bahwa menakjubkan menampilkan hanya merupakan awal dari salah satu letusan terbesar di zaman bersejarah. Serangkaian ledakan dahsyat dimulai pada tengah hari pada tanggal 26 Agustus dan berakhir pada tanggal 27 Agustus dengan erupsi paroksismal luar biasa. Pada hari ini, utara dua pertiga dari pulau itu runtuh di bawah laut, menghasilkan serangkaian devasting aliran piroklastik dan tsunami besar yang garis pantai yang berdekatan rusak. Peristiwa yang dimulai pada 26 Agustus akan menandai 24 jam terakhir di bumi selama lebih dari 36.000 orang, dan penghancuran ratusan desa pesisir dan kota.

LOKASI DAN PLAT-TEKTONIK




Selat SundaIndonesia memiliki lebih dari 130 gunung berapi aktif, lebih dari negara lain di bumi. Mereka terdiri sumbu dari sistem busur kepulauan Indonesia, yang dihasilkan oleh timur laut subduksi lempeng Indo-Australia. Sebagian besar dari gunung berapi terletak di sepanjang puncak topografi dua busur itu pulau terbesar - Jawa dan Sumatera. Pulau-pulau dipisahkan oleh Selat Sunda, yang terletak di sebuah tikungan yang berbeda dalam sumbu busur kepulauan gunung berapi, dari orientasi hampir timur-barat di Jawa untuk orientasi barat laut-tenggara di Sumatera. Krakatau adalah salah satu dari beberapa pulau vulkanik di Selat Sunda yang terletak di atas zona utara-timur laut sesar aktif berarah, orientasi yang sangat berbeda dari tren pulau-busur utama. Meskipun relatif kecil jika dibandingkan dengan gunung berapi terbesar sepanjang busur kepulauan, Krakatau dan gunung berapi yang terkait telah menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan letusan sangat eksplosif.

Fisiografi SEBELUM DAN SETELAH LETUSAN 1883Pulau pra-letusan Kratatau terdiri dari tiga gunung berapi coalsced selaras sepanjang arah utara-barat laut, sejajar dengan gunung berapi di Sumatera. Dari utara ke selatan, ini adalah Perboewatan, Danan dan Rakata.








                              

      
 

Selama letusan, Perboewatan, Danan, dan bagian utara Rakata tampaknya telah runtuh ke dalam dapur magma mengosongkan, sehingga membentuk calderaand kapal selam menghancurkan utara dua pertiga dari pulau itu. Beberapa pekerja, bagaimanapun, telah berpendapat untuk alternatif untuk model periuk-runtuh, dan sebagai gantinya telah menyarankan bahwa terbentuk kaldera dengan perusakan peledak pulau, dan reaming keluar dari bangunan pra-letusan. Letusan sejak tahun 1927 telah membangun sebuah kerucut baru yang disebut Anak Krakatau ("anak Krakatau") di tengah kaldera 1883.
ATAS PERISTIWA bencana DARI 26-27 Agustus


Setelah kebangkitan pada 20 Mei 1883, Krakatau dihasilkan ledakan ringan dari Perboewatan sepanjang Mei dan Juni. Pada pertengahan bulan Juni kawah puncak Perboewatan sebagian besar telah hancur dan mengutip letusan diperluas untuk mencakup ventilasi baru beberapa dekat Danan. Pada pertengahan Juli, bank batu apung adalah fitur umum ditemukan mengambang di Selat Sunda. Namun, beberapa tephra paling awal adalah basaltik, menunjukkan bahwa mengisi ulang dari magma basal ke dalam dapur magma di bawah Krakatau juga mungkin telah memainkan peran dalam intiation dari letusan awal.Minggu, 26 Agustus. Pada 12:53, Krakatau menyampaikan salvo pembukaan untuk sebuah letusan klimaks yang akan berlangsung sepanjang malam tanggal 27 Agustus. Ledakan awal yang dihasilkan sebuah berondongan memekakkan telinga disertai dengan awan hitam berputar puing vulkanik yang meningkat dengan cepat sampai 25 km di atas pulau itu. Selama beberapa jam berikutnya, akan memperluas secara dramatis ke timur laut, naik ke ketinggian minimal 36 km. Intensitas letusan meningkat sepanjang Minggu, menakutkan masyarakat pesisir barat Sumatera, Jawa Barat, dan pulau-pulau yang berdekatan. Kemudian pada hari itu, desa-desa ini akan terpukul oleh serangkaian tsunami devasting dihasilkan arus bypyroclastic terjun ke laut. Yang terburuk adalah belum datang.Senin, 27 Agustus. Ini tampilan menakutkan kekuasaan vulkanik mencapai puncaknya dalam serangkaian setidaknya empat letusan luar biasa yang dimulai pada pukul 5:30 am, klimaks dalam ledakan kolosal yang benar-benar meniup Krakatau terpisah. Suara itu terdengar di 4600 km, seluruh Samudera Hindia, dari Pulau Rodriguez dan Sri Lanka di barat, ke Australia di timur. Dua pertiga dari pulau itu runtuh di bawah laut ke dalam ruang, magma yang mendasari sebagian dikosongkan. Sekitar 23 kilometer persegi dari pulau itu, termasuk semua Perboewatan dan Danan, mereda menjadi kaldera sekitar 6 km di seberang. Pada ketinggian asli dari 450 m, Danan telah runtuh ke kedalaman 250 m di bawah sealevel.
Besar Gelombang Air Laut


Ledakan dahsyat 27 Agustus dihasilkan tsunami pegunungan, hingga 40 m, garis pantai yang dilanda melintasi Selat Sunda. Banyak pulau-pulau terdekat yang benar-benar tenggelam. Setelah pertama kewalahan oleh aliran piroklastik masif (lihat di bawah), Pulau Sebesi timur laut dari Krakatau, telah innudated oleh gelombang laut raksasa. Tsunami ini dilucuti semua vegetasi, dicuci ~ 3000 orang ke laut, dan menghancurkan semua tanda pendudukan manusia. Meski berada pada jarak yang tampaknya aman, 80 km sebelah timur dari Selat Sunda, dataran rendah Kepulauan Seribu dikubur oleh minimal 2 m dari air laut dan penghuninya harus menyelamatkan diri dengan memanjat pohon.Saksi mata dari gelombang besar datang dari penumpang dari Loudon, yang selamat serangan hanya melalui upaya heroik nya Kapten Lindemann. Kapal itu berlabuh di Lampung Bay, dekat desa Telok Betong ketika pertama dari beberapa gelombang tiba pada Senin pagi:


 
"Tiba-tiba kami melihat gelombang raksasa yang tingginya luar biasa maju menuju pantai dengan kecepatan yang cukup Segera, para kru ... berhasil berlayar dalam menghadapi bahaya;. Kapal sempat hanya cukup untuk bertemu dengan gelombang dari depan Kapal bertemu kepala gelombang dan Loudon yang diangkat dengan kecepatan yang memusingkan dan membuat lompatan hebat ... Kapal naik pada sudut tinggi di atas puncak gelombang dan di sisi lainnya. Gelombang itu. melanjutkan nya perjalanan menuju tanah, dan kru kebas menyaksikan laut dengan gerakan menyapu tunggal dikonsumsi kota sana,. mana instan sebelum berbaring kota Telok Betong, tidak ada yang tersisa tetapi laut terbuka. "


 
Kapal Uap Berouw


Kapal lain di Lampung Bay tidak begitu beruntung. Gelombang itu mengangkat steamshipBerouw menaiki Koeripan lembah Sungai, penyetoran kapal melalui darat mil, tiga puluh meter di atas sealevel, menewaskan semua 28 anggota awaknya.Salah satu akun yang paling mengerikan adalah bahwa dari sisi lapangan Jawa bekerja di sawah yang terletak 8 km ke pedalaman di Jawa, dekat kota Merak. Berikut ini adalah catatannya tentang peristiwa di ~ 10:30 pagi, Senin pagi:


 
"... Tiba-tiba terdengar suara yang besar, kita ... melihat hal yang hitam besar, jauh, datang ke arah kami.. Itu sangat tinggi dan sangat kuat, dan kami segera melihat bahwa semuanya itu air. Pohon-pohon dan rumah-rumah hanyut ... Orang-orang mulai ... berjalan selama hidup mereka Tak jauh dari itu beberapa tanah miring curam. Kami semua berlari ke arah itu dan mencoba memanjat keluar dari jalan air.. Gelombang terlalu cepat untuk kebanyakan dari mereka, dan banyak yang tenggelam hampir di sisiku .... Ada terburu-buru umum untuk naik di satu tempat tertentu ini menyebabkan blok besar,. dan banyak dari mereka mendapat terjepit bersama-sama dan tidak bisa bergerak Kemudian mereka. berjuang dan berjuang, berteriak dan menangis sepanjang waktu. Mereka yang di bawah ini mencoba membuat orang-orang di atas mereka melanjutkan lagi dengan menggigit tumit mereka Sebuah perjuangan besar terjadi untuk beberapa saat,. tapi ... satu demi satu, mereka dicuci ke bawah dan dilakukan jauh oleh perairan bergegas Anda dapat melihat tanda di sisi bukit tempat perjuangan untuk hidup terjadi.. Beberapa ... orang lain terseret dengan mereka. Mereka tidak mau melepaskan pegangan mereka, juga tidak bisa mereka di atas mereka melepaskan diri dari cengkeraman kematian. " - Dari A. Scarth, 1999Tidak ada yang tahu berapa banyak orang yang dicuci ke laut oleh gelombang besar. Selama berbulan-bulan setelah letusan, Selat Sunda di mana sesak dengan bank apung tebal, sering mengandung lima puluh atau lebih mayat. Jumlah resmi korban tewas dihitung oleh otoritas Belanda pada 36.417, 90 persen dari yang tewas oleh tsunami. Dua minggu setelah bencana, salah satu wisatawan menggambarkan pengamatannya di mana Desa Tjaringin pernah berdiri:


 
"Ribuan mayat manusia dan juga bangkai binatang masih menunggu penguburan, dan membuat kehadiran mereka jelas karena bau busuk yang tak terlukiskan. Mereka terletak pada knot dan massa terjerat mungkin untuk terurai, dan sering macet bersama dengan kelapa berasal antara semua yang pernah bertugas ini ribuan sebagai tempat tinggal, perabot, alat pertanian, dan hiasan untuk rumah dan senyawa. " - Dari Zeilinga de Boer dan Sanders, 2002

Piroklastik jatuhan DAN DEVASTING aliran piroklastik


Tsunami jelas-jelas bertanggung jawab untuk sebagian besar kematian di Krakatau. Namun, ~ 4.500 kematian (lebih dari 10% dari total) telah dikaitkan dengan tephra jatuh dan aliran piroklastik panas. Jumlah yang dihasilkan tephra dianggap sekitar 20 kilometer kubik, atau dua puluh kali dari Gunung merusak. St Helens letusan pada tahun 1980. Dekat Sumatera, Selat Sunda menjadi penuh dengan puing-puing begitu banyak sehingga tampak seperti tanah yang kokoh. Kapal bantuan tidak dapat mencapai masyarakat pesisir seperti Telok Betong selama berminggu-minggu. Selama beberapa bulan berikutnya, badai dan tinggi gelombang akan membubarkan bank tebal mengambang apung luar Selat, ke Laut Jawa dan Samudera Hindia. Kapal ribuan kilometer dari Krakatau akan melaporkan bidang besar ini puing-puing mengambang selama berbulan-bulan setelah letusan. Satu akumulasi seperti melayang 8170 km, sampai mencapai Durban, South Aftica pada bulan September, 1884.Sekitar 2000 dari mayat di Sumatra Selatan mengalami luka bakar parah, menunjukkan bahwa mereka telah hangus sampai mati, peresumably dari aliran piroklastik. Meskipun perilaku aliran piroklastik dan gelombang di atas air adalah kurang contrained oleh pengamatan langsung, bukti menunjukkan bahwa mereka dapat melakukan perjalanan jarak yang jauh di atas air terbuka. Satu compeling fitur dari letusan Krakatau adalah bahwa aliran piroklastik tampaknya telah melakukan perjalanan sekitar 40 km luar biasa di Selat Sunda, di mana mereka tetap cukup panas untuk menyebabkan luka bakar yang berhubungan dengan kematian di Sumatera. Ini arus yang sama, juga dicatat oleh kapal-kapal yang terletak pada jarak yang lebih besar. Pada tanggal 27 Agustus theLouden (lihat di atas) terletak ~ 65 km sebelah utara-timur laut Krakatau ketika dilanda angin parah dan tephra, dan WH Besse terletak pada ~ 80 km timur-timur laut dari Krakatau saat itu sedang dilanda badai-kencang, tephra berat, dan bau kuat belerang. Pada jarak ini lebih besar, aliran piroklastik berada di suhu yang lebih rendah sehingga kapal dan awak selamat.Bagaimana mungkin untuk aliran piroklastik untuk perjalanan jarak jauh seperti itu? Aliran piroklastik adalah campuran panas dari partikel padat dan memperluas gas vulkanik. Sambil bergerak di atas air, dasar aliran akan conert air menjadi uap. Ekspansi yang cepat dari air ke uap sangat meningkatkan fluidisasi aliran dan menghambat pengendapan partikel, khususnya low-density partikel pumiceous, sehingga memungkinkan aliran untuk perjalanan puluhan kilometer di atas perairan laut datar. Mobilitas ini pertama kali diakui pada letusan 1902 dari aliran piroklastik dari Mt. Pelee, yang menghancurkan kota pantai St Pierre, hanya untuk melanjutkan di perairan terbuka untuk membatalkan dan membakar kapal berlabuh beberapa kilometer lepas pantai.Setelah menempuh perjalanan 40 km lebih dari Selat Sunda, aliran piroklastik melanda Sumatera bagian selatan dengan vengence sebuah, yang tersisa cukup panas untuk membakar seluruh desa dan membakar vegetasi semua sebelum kehilangan dorongan pada pegunungan yang sangat berhutan. Istri Pengendali Beyerinck dari desa Sumatera dari Ketimbang dijelaskan expereince pada pagi hari 27 Agustus, ketika tepi terluar dari sebuah menyelimuti aliran piroklastik keluarganya dan acquantainces mereka, menewaskan sekitar dan hemat lain:


 
"Tiba-tiba, menjadi gelap gulita Hal terakhir yang saya lihat adalah abu didorong ke atas melalui celah-celah di lantai, seperti air mancur.. Aku berpaling untuk suami saya dan mendengar dia mengatakan di dispair 'Di mana pisau itu?" ... Aku akan memotong semua pergelangan tangan kita dan kemudian kita akan dibebaskan dari penderitaan kita lebih cepat. ' Pisau tidak dapat ditemukan aku merasakan tekanan berat, melemparkan saya ke tanah.. Kemudian tampak seolah-olah semua udara sedang tersedot pergi dan aku tidak bisa bernapas .... Saya merasa orang berguling saya ... Tidak ada suara datang dari suami saya atau anak-anak ... Saya ingat berpikir, saya ingin ... pergi ke luar .... tapi aku tidak bisa meluruskan punggung saya ... Saya terhuyung, dua kali lipat, untuk pintu ... aku dipaksa diri melalui pembukaan ... aku tersandung dan jatuh saya menyadari abu itu panas dan aku mencoba untuk melindungi wajahku dengan tanganku.. Gigitan panas dari batu apung ditusuk seperti jarum ... Tanpa pikir panjang, aku berjalan mudah-mudahan ke depan. Had Saya berada di pikiran kananku, aku akan mengerti apa hal yang berbahaya itu adalah untuk ... terjun ke kegelapan neraka ... aku berlari melawan ... cabang dan tidak pernah berpikir untuk menghindari mereka aku terjerat diriku lebih. dan banyak lagi ... Rambutku terjebak ... aku melihat untuk pertama kalinya bahwa [saya] kulit yang menggantung di mana-mana, tebal dan lembab dari abu yang menempel ini. Berpikir itu harus kotor, saya ingin menarik bit off kulit, tapi itu masih lebih menyakitkan ... aku tidak tahu aku telah terbakar. " - Dari Scarth A., 1999.

EFEK ATMOSFER 


Tephra dari letusan jatuh sejauh 2.500 km melawan arah angin dalam beberapa hari setelah letusan. Namun, fragmen terbaik yang didorong tinggi ke stratosfer, menyebar keluar sebagai awan yang luas di seluruh sabuk khatulistiwa seluruh hanya dalam dua minggu. Partikel-partikel ini akan tinggal di dalam atmosfer selama bertahun-tahun, propogating lebih jauh ke utara dan selatan sebelum akhirnya menghilang.stratosfir awan debuAwan stratosfer debu juga berisi sejumlah besar gas belerang dioksida yang dipancarkan dari Krakatau. Molekul-molekul gas cepat dikombinasikan dengan uap air untuk menghasilkan tetesan asam sulfat di atmosfer tinggi. Tabir yang dihasilkan areosols asam dan debu vulkanik memberikan perisai atmosfer mampu sinar matahari yang cukup tercermin menyebabkan suhu global untuk mampir beberapa derajat. Ini jilbab aerosol kaya juga menghasilkan efek optik yang spektakuler lebih dari 70% permukaan bumi. Selama beberapa tahun setelah letusan 1883, bumi mengalami warna eksotis di langit, lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan array yang spektakuler matahari terbenam anomali dan matahari terbit. Artis terpesona oleh pajangan ini udara dan menangkap mereka di atas kanvas. Lukisan yang ditampilkan di sini adalah salah satu matahari terbenam seperti yang ditangkap oleh artitst William Ascroft di tepi Sungai Thames di London, pada tanggal 26 November 1883 (Courtesy of Peter Francis).

AKIBATNYA: Anak Krakatau


Pada tanggal 29 Desember 1927, sekelompok nelayan Jawa yang dikejutkan oleh uap dan puing-puing bleching dari laut di atas kaldera runtuh, sehingga menandai kebangkitan kembali Krakatau setelah 44 tahun tenang. Kegiatan berlanjut, dan pada tanggal 26 Januari 1928 pinggiran sebuah basaltik Scoria kerucut pertama kali muncul di atas sealevel. Setahun kemudian, ia telah tumbuh menjadi sebuah pulau kecil yang secara cepat disebut Anak ("Anak") Krakatau.


       







                           



 
Anak Krakatau


Anak Krakatau telah meletus hampir setiap tahun sejak itu. Biasanya, ini adalah strombolian agak ringan sampai letusan lava basaltik Vulcanian arus andesit dan tephra terkait deposito. Meskipun mereka menyajikan bahaya sedikit untuk pulau-pulau sekitarnya, letusan Anak Krakatau dari memberikan pengingat kengerian 1883.
KRAKATAU SEKARANG ...


Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda dibesarkan untuk mengingatkan statusnya sejak beberapa days.Head terakhir dari Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau (GAK) di Desa Hargopancuran Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi mengatakan, dalam Rajabasa, Jumat (29 / 10/2010), aktivitas gunung berapi telah meningkat sejak empat hari lalu "Intensitas gempa vulkanik dangkal dan dalam yang disertai letusan terus meningkat," ia said.He menjelaskan, berdasarkan pemantauan., volume letusan tercatat mencapai 138 kali pada Jumat ini bersama dengan semburan abu vulkanik dan sebelumnya pada Kamis hanya 30 kali eruption.Meanwhile, gempa vulkanik, kata dia, ada 21 dan gempa vulkanik dangkal 27 kali hari ini "Volume letusan terus meningkat., sementara vulkanik gempa lebih cenderung menurun, "ia explained.He mengatakan peningkatan aktivitas merupakan fenomena alam karena merupakan gunung berapi aktif dan peningkatan aktivitas dapat terjadi setiap saat." Jika waktu normal letusan maksimal hanya 10 kali dalam satu hari, "kata Andi.He menambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan pemantauan gunung berapi karena Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah meningkatkan statusnya menjadi waspada.
Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda masih sibuk menjadi bumerang. Sampai sekitar 24.00 WIB, pos pemantau Gunung Anak Krakatau Letusan mencatat ada 251.Pada Monday, November 1 sampai sekitar 24.00 WIB kemarin, ada 4 kali gempa vulkanik dalam, 79 gempa vulkanik dangkal kali, 251 kali letusan, 86 kali ledakan, dan 229 kali gempa.Sementara itu, di 31 Oktober, tercatat 31 kali gempa vulkanik, 221 gempa vulkanik dangkal, 178 kali letusan, 148 kali ledakan, dan 151 kali gempa."Gempa vulkanik dalam yang berarti terjadi di dalam atau lebih dari 3 km, sedangkan sarana dangkal terjadi di dekat permukaan, dan tremor gempa bumi yang berarti terus menerus," kata pengamat Gunung Anak Krakatau, Jumono, saat dihubungi AFP, Selasa (11/02/2010).Meskipun jumlah kegempaan pada Senin kurang dari pada hari Minggu (31/10), namun jumlah letusan meningkat. Status siaga yang telah disematkan pada gunung sejak tanggal 31 Oktober 2009 tidak berubah."Ini masih waspada, dan harap tetap menjaga jarak aman dari 2 km di sekitar gunung, karena ada lemparan-lemparan bahan dari gunung," kata Jumono.Bahan pijar yang dilontarkan tidak hanya kerikil, tapi juga batu. Bahan yang memiliki pijar panas 600-1000 derajat Celcius.Menurut Jumono, aktivitas seismik gunung tidak memicu gelombang tsunami yang mengancam warga Banten dan Lampung. "Untuk gempa karena (aktivitas) gunung ini tidak memicu tsunami, vulkanik dan tektonik karena berbeda," lanjutnya .Dia mengingatkan orang termakan isu tsunami. Selain itu, gempa yang terjadi hanya sekitar gunung dan hanya dirasakan oleh seismograf.Status Gunung Anak Krakatau telah tertanam sejak tanggal 31 Oktober 2009. Sejak Oktober 25, jumlah letusan lebih dari 100 kali. "31 Oktober untuk berhati-hati setelah mode sebelumnya. Kemudian jumlah letusan menurun. Tapi 10 Oktober 2010 kembali lagi ada letusan," kata Kepala Pengamatan Gunung Api Hendrasto wilayah Barat saat dihubungi AFP, Jumat (29/10).Pada tanggal 17 Oktober, dalam sehari adalah 45 kali letusan. Kemudian untuk beberapa hari letusan telah menghilang. Sampai 23 Oktober muncul dua kali pada 34 letusan Oktober, dan ada 89 kali."Pada tanggal 25 ada 126, tanggal 26 ada 182, tanggal 27 ada 101, 117 dan 28 kemarin ada letusan," kata Hendrasto.Status bahaya gunung ada empat tingkat. Tingkat bahaya I atau cara normal aktif berdasarkan pengamatan visual, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya tidak menunjukkan kelainan. Tingkat II atau waspada berarti ada peningkatan aktivitas berupa kelainan yang tampak secara visual atau hasil kawah, kegempaan dan gejala vulkanik lainnya.Pada tingkat III atau siaga, terjadi peningkatan dalam pengamatan visual dari dukungan metide kawah, kegempaan dan setiap other.While tingkat IV atau waspada, letusan awal mulai terjadi berupa abu / asap. Ini akan diikuti oleh letusan utama. (Vit / NRL)

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Judul: Krakatau adalah Gunung Besar yang Ada di INDONESIA
Rating: 100% based on 999998 ratings. 57 user reviews.
Ditulis Oleh Maha Putra Rusydinal





Lo Sedang Membaca Artikel Bro Tentang Krakatau adalah Gunung Besar yang Ada di INDONESIA
Jika Lo Suka Artikel RaxterBlog bro, Silahkan Masukkan E-mail lo dibawah ini bro untuk Berlangganan Gratis Via E-mail, Dengan begitu lo akan mendapat kiriman artikel baru dari RaxterBlog bro.
Terima Kasih bro Telah Berkunjung
Salam Blogging ya bro ! ! !
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Keluarkan Komentar Lo Bro ! ! !

Silahkan Berkomentar bro Tentang :
Krakatau adalah Gunung Besar yang Ada di INDONESIA
> > Harap Tidak Menampilkan Link Hidup oke bro.
> > Jangan Berkomentar SPAM ya bro.
Berkomentarlah dengan Bijaksana Demi Kenyamanan kita bro.
Terima Kasih bro ! ! !