Exit Jangan Lupa Klik Like/Suka ya bro !!!

Selasa, 18 September 2012

Apakah itu Blog ?

<div style='background-color: none transparent;'><a href='http://www.rsspump.com' title='RSS widgets'>RSS widgets</a></div>


Lo pernah dengar Blog pasti Bro, tapi cuma dengar aja kan bro tak tau apa gunanya ? ? ? untuk coba lo perhatikan penjelasan berikut bro.



Apakah itu blog ? ? ? Oke bro, untuk singkatnya, blog adalah sebuah medium untuk penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan internet, dengan cara yang lebih egaliter dan dengan semangat globalisme, karena informasi gak cuman milik media mainstream aja bro, setiap individu juga bisa menyampaikan suaranya, yang sering kali lebih cepat, bebas dan variatif karena tidak berada dibawah suatu jaringan korporat. Bisa dibilang blog adalah New Media for Information and Culture. Kehadiran blog sebagai sumber informasi baru sudah mulai menunjukan signifikansinya karena para pembacanya membutuhkan informasi yang mungkin tidak terdapat di media mainstream dan untuk mendengar suara-suara yang selama ini belum terdengar tanpa kehadiran jaringan internet bro. Atau dalam kata lain kalo lo bro kepengen mencari tau tentang sesuatu yang agak sulit di cari di media mainstream, kemungkinannya akan sangat besar kamu akan mendapatkannya lewat blog seseorang, kalo gak dapet, yah bikin sendiri aja bro.
Lalu dari informasi itu apakah yang bisa disampaikan? Yang ini juga, tergantung sih sebenernya bro. Dari pelakunya, tujuan dia nge-blog, dan bentuk informasinya. Contoh yang paling umum bagi para blogger pemula. lo bro nulis diary atau jurnal lo bro secara online, trus curhat deh sebanyak-banyaknya tentang diputusin pacar, pedekate sama orang, maki-maki orang, atau cuman nulis lirik lagu orang, masukin buletin board atau junk mail yang mengharukan, dst. Tapi apakah ternyata lo bro cuman sampai disitu doang? Kalo iya, berarti blog lo bro adalah seperti istilah blog yang di deskripsikan oleh Roy Suryo, seorang yang katanya adalah pakar IT di Indonesia tapi bahkan terlalu malu untuk mengakui kalo dirinya gak bisa pake friendster :

Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi . . . Menurut Roy Suryo

Atau, lo bro sudah lebih maju setahap dan mengerti kalo gak semua orang mau baca curhatan lo bro kecuali pacar lo bro. lo bro mulai nulis secara rutin tentang ide-ide, hasil karya naratif, hal-hal yang menarik dari keseharian lo bro dan lingkungan sosial, pendapat lo bro tentang hal-hal yang terjadi di sekitar lo bro, dokumentasi, de el el. Atau juga lo bro menarik link-link kepada halaman/informasi yang menurut lo bro menarik untuk dibaca, dan memberitahukannya lewat blog lo bro, jadi istilahnya lo bro sudah mempermudah orang lain untuk mencari informasi dengan menjaringnya bro, atau membuat penjelasan sendiri, yah, seperti artikel ini juga sih bro hehe :-). Lebih baik lagi bahkan, kalau lo bro sudah bisa mempublikasikannya kepada orang lain secara global bro, mungkin dengan bridge-blogging, dan membuat orang lain yang jauh di ujung lain dunia ini tau tentang apa yang ada di sudut lain dunianya bro.
Tentu saja, kita tidak bisa mengkotak-kotakkan yang ini blog yang ini bukan. Blog adalah sebuat istilah yang cair. Intinya, jika ada tulisan yang dibuat di media internet, dan disusun secara kronologis-terbalik (yang paling baru yang duluan muncul), dan di-archive, dan di update secara rutin, udah bisa disebut blog. Penulis blog pun bisa individual, group, dan korporat, tergantung dari tujuannya membuat blog bro. Jika yang nge-blog itu sebuah perusahaan, tentunya isi blognya adalah berita seputar pengumuman produk, servis dan aktivitas perusahaan yang dianggap perlu untuk di publikasikan. Jadi apakah portal berita seperti kompas atau cnn bisa disebut blog? Kembali lagi, istilah ini bukan digunakan untuk mengkotak-kotakkan atau mengkategorikan sesuatu bro, jadi selama esensi blog hadir disana bro, ya, situs tersebut bisa dibilang cukup blog, terlepas dari sisi mainstream atau independen.
Kalo lo bro ngaku-ngaku masih punya semangat "DIY" then go for it. Daripada DIY itu jadi sekedar jargon yang basi dan membuat kita terlena unproduktif. Cukup memprihatikan juga kalo ngeliat pengguna internet awam indonesia menguasai sebagian besar jumlah user di frenster tapi kurang melek untuk budaya internet yang baru ini bro. Tapi Tolong lah bro, internet itu bukan sekedar buka facebook-an doang, atau nge-tweet, kirim2 yang aneh2 ataupun debat - debut macam2 hal.

Jika lo tertarik ingin memiliki blog bro, ini gua kasih tau bro macam2 situs blog gratisan :


1Blogger

2.  Wordpress

3.  Xanga

4.  Blogabond

5.  Blogetery

6.  Blog

7.  Blogr

8.  Edublogs

9.  Weebly

10.   Live Journal  


Nah bro itu ada 10 daftar blog gratisan yang bisa lo pakai untuk nge-blogging bro,tapi bro karena gua memakai BLOGGER, gua saranin lo aja untuk daftar di Blogger bro,  Entar lo tinggal cari aja deh Pelajaran untuk Pemula, Kalo mau bro Buka aja ini Standard Blogging ya bro

Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Judul: Apakah itu Blog ?
Rating: 100% based on 999998 ratings. 57 user reviews.
Ditulis Oleh Maha Putra Rusydinal





Lo Sedang Membaca Artikel Bro Tentang Apakah itu Blog ?
Jika Lo Suka Artikel RaxterBlog bro, Silahkan Masukkan E-mail lo dibawah ini bro untuk Berlangganan Gratis Via E-mail, Dengan begitu lo akan mendapat kiriman artikel baru dari RaxterBlog bro.
Terima Kasih bro Telah Berkunjung
Salam Blogging ya bro ! ! !
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Keluarkan Komentar Lo Bro ! ! !

Silahkan Berkomentar bro Tentang :
Apakah itu Blog ?
> > Harap Tidak Menampilkan Link Hidup oke bro.
> > Jangan Berkomentar SPAM ya bro.
Berkomentarlah dengan Bijaksana Demi Kenyamanan kita bro.
Terima Kasih bro ! ! !